Cara Mengatasi Tombol FN Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Tombol FN Laptop Tidak Berfungsi - Tombol fn merupakan tombol yang terdapat pada keyboard baik laptop maupun komputer. Tombol ini juga mempunyai fungsi meski sebagian orang jarang menggunakannya.

Tombol fn atau tombol Keys terdiri dari F1, F2, hingga F12 yang memiliki fungsi masing-masing. Tombol yang berguna sebagai shortcut dan bisa menjalankan fungsi dengan cepat ini bisa juga menaikan kecerahan layar.

Selain itu, tombol fn juga dapat menghidupkan atau mematikan touch pad, menyalakan wifi, memperbesar dan mengecilkan volume, untuk task manager, dan lainnya. Jadi, dapat dipastikan tombol ini tidak hanya ada tapi juga berguna untuk menjalankan fungsi dengan cepat.

Meskipun begitu, tetap saja tombol ini sesekali bisa tidak berjalan dan tidak dapat digunakan fungsinya. Masalahnya juga tidak hanya tidak berfungsi, terkadang juga fungsi tombol tertukar dengan tombol lainnya.

Cara Mengatasi Tombol FN Laptop Tidak Berfungsi

Cara mengatasi tombol fn tidak berfungsi

Untuk yang sering menggunakan tombil fn ini pasti sangat terganggu ketika menemukan masalah tersebut. Hal itu bisa saja disebabkan oleh driver atau update yang bisa memberhentikan beberapa program.

Anda tidak perlu khawatir, dalam pembahasan kali ini akan dibahas cara mengatasi tombol fn tidak fungsi di laptop atau komputer sebagai berikut.

1. Aktifkan FN Lock

Untuk beberapa merk laptop ada cara yang berbeda seperti pada laptop umumnya. Untuk laptop dengan merk seperti ASUS, Anda harus mengaktifkan terlebih dulu FN Lock agar tombol fn bisa kembali digunakan.

Caranya mungkin berbeda, tapi kebanyakan akan menggunakan tombol fn dan lock seperti FN+ESC, FN+NumLock, atau juga bisa gunakan FN+Caps Lock.

Setelah menekan salah satu tombol yang sudah disarankan, Anda bisa langsung mencoba tombol fn apakah sudah berfungsi kembali atau belum.

2. Jalakan Hardware Troubleshooter

Jika Anda melakukan update pada laptop, bisa saja hal tersebut mengganggu beberapa fungsi yang ada sehingga tidak berjalan kembali. Untuk mengatasinya, coba gunakan cara ini dengan menjalankan Hardware Troubleshooter.

Untuk lebih memahami langkah-langkahnya, perhatikan ulasan di bawah ini.

  1. Masuk ke Setting atau pengaturan laptop. Bisa juga gunakan tombol di keyboard dengan menekan Win+l.
  2. Cari pilihan Update & Security dan tekan menu tersebut.
  3. Pilih tab Troubleshoot di bagian kiri, lalu gulir layar ke bawah dan klik Hardware and Devices.
  4. Pilih Jalankan Troubleshooter. Setelah selesai, coba tombol fn laptop Anda.

3. Update Driver Laptop

Untuk cara ketiga ini, Anda bisa melalukan update pada driver tombol function atau tombol fn. Untuk meng-update, Anda bisa mencari update driver function terbaru dalam situs resmi merk laptop Anda.

Jika driver laptop melalui situs resmi merk tidak bisa diperbarui, Anda bisa coba menggunakan Device Manager. Selain itu, Anda juga menggunakan dukungan perangkat ketiga seperti Driver Booster dan lainnya.

Cara Mengatasi Tombol FN Laptop Dell Tidak Berfungsi

Sebagian besar laptop menggunakan Windows Mobility Center yang ada secara delfault. Namun, untuk sistem Dell ada pengaturan tambahan lain untuk baris function key. Untuk bisa digunakan, Anda harus terlebih dulu mengubah pengaturannya.

Untuk lebih paham, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Klik tombol Windows+S di keyboard, lalu pilih Windows Mobility Center.
  2. Setelah menu tersebut terbuka, pilih Function Key Row.
  3. Klik tanda panah drop-down dan pilih opsi Function Key.
  4. Tekan menu Appy agar perubahan tersimpan.

Cara Mengatasi Tombol FN Laptop VAIO Tidak Berfungsi

Ketika melakukan update di laptop VAIO, maka secara otomatis VAIO Event Service berhenti berfungsi. Hal inilah yang menyebabkan tombol fn di keyboard jadi tidak bisa digunakan.

Untuk mengatasi hal ini, perhatikan langkah-langkah di bawah.

  1. Tekan tombol Windows key+R, lalu ketik "services.msc".
  2. Klik menu Run dan secara otomatis tab akan terbuka dengan menampilkan daftar layanan yang sedang berjalan.
  3. Cari VAIO Event Service.
  4. Klik kanan pada menu VAIO Event Service dan pilih pilihan Properties.
  5. Ubah jenis star-up menjadi otomatis, lalu Jalankan Layanan.

Jika semua cara telah Anda coba, tapi tidak juga menunjukan hasil yang diinginkan. Anda bisa membawa laptop atau komputer ke tempat layanan service. Kemungkinan masalah yang terjadi berasal dari hardware sehingga tombol fn tidak berfungsi di laptop anda.

Demikianlah ulasan kali mengenai cara mengatasi tombol fn laptop tidak berfungsi. Semoga dapat menyelesaikan masalah tombol fn tidak berfungsi sehingga bisa digunakan kembali. Semoga artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan. Selamat mencoba dan sampai jumpa.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Harap support Blog ini dengan tetap menayangkan iklan, matikan AdBlocker. Terimakasih.