4 Cara Mengatasi Error Bookmark Not Defined Daftar Isi Word Dengan Mudah dan Aman

Error Bookmark Not Defined - Dalam pembuatan sebuah tulisan, baik itu novel, karya tulis ilmiah, skripsi, dan tulisan lainnya, seseorang pasti mencantumkan daftar isi. Tujuan dibuatnya daftar isi agar pembaca dapat dengan mudah menemukan halaman yang ingin dibaca.

Error Bookmark Not Defined

Masalahnya, terkadang daftar isi yang telah dibuat menjadi berantakan ketika di-print. Muncul tulisan 'error bookmark not defined'. Hal ini bisa membuat penulis kesal, bahkan setelah diperbaiki, tapi hasilnya masih sama. Ini bisa saja terjadi, apalagi jika penulis belum tahu cara memperbaikinya dengan pasti.

Mau tahu cara mengatasi 'error bookmark not defined' daftar isi? Simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Munculnya 'Error Bookmark Not Defined' Daftar Isi Word

Sebelum ke langkah penyelesaian, ada baiknya mengetahui dulu penyebab apa saja yang bisa menimbulkan error ini. Jika ada yang salah satunya yang dialami, segera perbaiki sekarang juga. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

1. Bookmark Hilang

Ketika bookmark hilang dalam daftar isi di word, kemungkinan word akan bingung mendeteksi apa saja yang harus ada dalam tulisan tersebut. Oleh karenanya, word akan menyebutkan kata 'error bookmark not defined' untuk memberi tanda bahwa bookmark yang tulis tidak ada dalam daftar.

2. Ketidaksesuaian Nama

Penyebab yang satu ini mungkin paling sering dialami. Ketidaksesuaian antara nama di bookmark dan bidang tulisan bisa saja membuat bookmark mengalami error. Hal ini bisa disebabkan karena ketidaksesuaian ketika menulis, misalnya ada huruf yang tidak sesuai atau terdapat kesalahan ketikan (typo).

3. Bookmark Kadaluwarsa

Jika pengaturan daftar isi yang digunakan adalah semi-manual, masalah error ini bisa saja terjadi. Daftar isi word yang menggunakan pengaturan manual membuat bookmark tidak bisa memperbarui sendiri, kecuali jika pengguna secara manual memperbaruinya. Oleh karena itu, mengubah pengaturan jadi otomatis bisa menjadi salah satu solusinya. Bookmark yang menggunakan pengaturan otomatis bisa memperbarui sendiri. Ketika pengguna mengubah salah satu entri, maka yang lain pun ikut berubah. Hal inilah yang bisa membuat bookmark tidak kadaluwarsa.

4. Boomark Rusak

Untuk penyebab yang satu ini, jelas sekali bahwa bookmark yang rusah sudah tidak bisa digunakan. Hal ini mengacu pada pengolahan data dalam dokumen. Sistem tidak bisa mengenali data dan tidak bisa mengolahnya kembali.
Itulah, penyebab yang mungkin terjadi jika bookmark bermasalah. Mari bahas bersama cara mengatasi 'error bookmark not defined' di daftar isi word.

Cara Mengatasi 'Error Bookmark Not Defined' Daftar Isi Dengan Mudah

1. Menggunakan Shortcut

Cara yang satu ini terbilang sangat mudah untuk dicoba. Praktikkan bersama dengan melihat langkah-langkah di bawah ini.
  1. Buka dokumen dan lakukan block pada tulisan yang memuat daftar isi.
  2. Jika sudah, tekan tombol Ctrl+F11. Tombol ini berfungsi mencari jika ada salah satu elemen yang hilang. Setelah di klik, sistem akan memperbaikinya langsung.
  3. Jika telah selesai, pastikan bahwa daftar isi diperbaiki dengan benar. Simpan dokumen dalam format PDF agar data lebih terjaga,
  4. Cek apakah dokumen yang disimpan sudah dengan benar diperbaiki.
  5. Selesai.

2. Gunakan Perintah Undo

Cara yang kedua tidak kalah mudah untuk dicoba. Mari praktikkan bersama.
  • Ketika membuat daftar isi dengan pengaturan otomatis, tapi hasilnya masih error, maka tekan tombol Ctrl+Z di keyboard.
  • Jika tidak bisa digunakan, tekan tanda panah yang menghadap ke kiri yang terletak di sebelah atas pojok kiri.
  • Jika masih sama tidak bisa berfungsi, maka terpaksa harus buat baru. Jika hasilnya masih error, gunakan tombol undo kembali.

3. Konversi ke Teks Biasa

Cara ini bisa digunakan ketika bidang atau teks yang ditulis berubah dengan sendirinya. Mengkonversi teks di bidang ke teks biasa bisa diubah dengan langkah-langkah di bawah ini.
  1. Buka dokumen dan lakukan block pada semua tulisan yang memuat daftar isi.
  2. Tekan tombol Ctrl+SHIFT+F9 untuk mengubah format teks ke teks biasa.
  3. Jika tidak berfungsi, tekan kembali tombol Ctrl+SHIFT+F9 tanpa melakukan block telebih dulu.
  4. Setelah selesai dan tersimpan dalam PDF, cek kembali untuk memastikan apakah hasilnya sudah benar atau belum.
  5. Selesai.

4. Cara Memperbaiki Bookmark Hilang

Seperti yang sudah dibahas tadi bahwa bookmark yang hilang bisa membuat data tidak terdeteksi. Oleh karena itu, pengguna bisa memulihkan atau menggantinya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Jika dalam daftar isi muncul pesan error, lakukan klik kanan dan pilih Toogle Field Codes.
  2. Masuk ke menu Insert, lalu masuk ke bookmark. Buat nama bookmark atau ganti nama bookmark yang lama untuk mengganti bookmark yang hilang, lalu klik tambahkan (add).
  3. Simpan dokumen dalam bentuk format PDF dan cek apakah dokumen sudah benar diperbaiki.
  4. Selesai.

Demikian, pembahasan mengenai 4 cara mengatasi 'error bookmark not defined' daftar isi word dengan mudah dan aman Semoga membantu mengatasi masalah pada bookmark. Sekian dan sampai jumpa lagi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Harap support Blog ini dengan tetap menayangkan iklan, matikan AdBlocker. Terimakasih.