Cara Menjual Foto Di Shutterstock Untuk Pemula

Cara Menjual Foto di Shutterstock - Shutterstock adalah situs populer dari microstock yang bisa sangat bermanfaat bagi kamu yang merupakan seorang fotografer atau seorang yang memiliki hobi dalam fotografi. Banyak fotografer dan desainer yang memamerkan dan menjual hasil karyanya dalam situs ini. Hasil karya yang dijual akan dibayar dalam bentuk dollar dikarena banyak orang luar negeri yang berada dalam situs ini. Jadi daripada hasil jepretan kamu hanya tertumpuk dalam memori, lebih baik memasarkannya di mancanegara. Karena tidak sedikit para fotografer yang meraih kesuksesan dan keuntungan besar dari situs Shutterstock ini.

cara menjual foto di shutterstock

Meskipun begitu, situs ini tidak sepopuler di luar negeri. Di Indonesia masih banyak juga yang belum mengenal atau bahkan tidak tahu adanya situs ini. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan maju lebih dulu. Bagi kamu juga yang belum tahu cara menggunakan ataupun hal semacamnya tentang situs ini, jangan khawatir. Di bawah ini akan di ulas Cara Jual Foto Online Di Shutterstock.

Cara Menjual Foto Di Shutterstock Untuk Pemula

1. Registrasi Sebagai Contributor

Sebelum bergabung dalam situs Shutterstock, kamu harus terlebih dulu mendaftarkan diri menjadi contributor. Caranya sangatlah mudah yakni dengan beberapa tahapan berikut ini.

  1. Buka situs Shutterstock dan cari pilihan registrasi.
  2. Tekan tombol mendaftar jika ingin menjadi contributor.
  3. Selanjutnya, isi data yang telah disediakan dengan benar dan baik agar mendapat akun di Shutterstock.
  4. Setelah selesai lakukan konfirmasi email. Jika sudah berhasil artinya kamu sudah resmi menjadi contributor di situs Shutterctock.

2. Konfirmasi Akun ShutterStock

Contributor baru harus melakukan konfirmasi akun terlebih dulu untuk bisa melakukan penjualan dalam situs. Pihak Shutterstock akan meminta kamu untuk mengunggah KTP dan password contributor. Pastikan konfirmasi akun ini berhasil agar pendaftaran berjalan lancar.

3. Gunakan Akun Paypal Sebagai Wadah Pembayaran

Banyaknya orang dari negara yang berbeda yang menggunakan situs Shutterstock, maka cara pembayarannya juga berbeda. Transaksi yang digunakan adalah dengan paypal dan dollar sebagai alat pembayaran. Akun paypal ini juga dirasa lebih aman dalam melakukan transaksi.

4. Upload dan Lakukan Seleksi Foto

Setelah berhasil menjadi contributor Shutterstock, kamu bisa langsung memamerkan hasil karyamu untuk dijual. Hanya dengan memilih hasil jepretan yang menurutmu bagus dan dapat membuat orang terkesan, kamu dapat dengan mudah memperoleh hasil. Namun, meski secara bebas dapat mengupload jenis foto apapun, ada kriteria tertentu yang harus kamu perhatikan.

Kriteria tersebut ditetapkan agar orang yang melihat hasil karyamu percaya dan yakin tentang hasil jepretan kamu. Adapun kriteria tersebut, yaitu :

  • Foto harus merupakan hasil karyamu sendiri
  • Jika foto menggunakan objek orang, maka model haruslah release. Artinya, model tersebut mengetahui dan bersedia dirinya difoto sebagai ojek untuk jepretan foto kamu
  • Pastikan bahwa foto yang akan dipuload tidak memiliki brand, merk, ataupun watermark apapun.

5. Review Foto

Setelah mengupload foto, kamu tinggal menunggu pihak situs Shutterstock meyeleksi dan meloloskan foto. Jika lolos setelah diseleksi, hasil karya akan langsung dipajang dalam situs, tapi jika pihak situs belum meloloskan, maka foto kamu akan di pending.

Meskipun begitu, ada manfaatnya buat kamu. Jika pihak situs tidak meloloskan, maka mereka akan mengirimkan saran perbaikan. Hal ini yang bisa kamu jadikan sebagai pelajaran agar hasil kedepannya semakin bagus. Proses seleksi atau review foto ini juga dilakukan oleh orang yang berpengalaman dan pastinya tidak perlu diragukan.

6. Mulai Mendapatkan Pendapatan Penghasilan

Foto yang telah lolos seleksi pasti akan dibeli oleh pihak Shutterstock. Mereka akan mengirimkan total hasil pendapatan. Namun, jika kamu ingin menarik pendapatan yang diterima, pastikan akun paypal memiliki saldo sekitar 200 dollar.

Syarat Jual Foto Di Shutterstock

Sebelum kamu mengupload dan menjual foto di shutterstock, pastikan kamu telah memenuhi syarat dan kriteria yang diwajibkan oleh shutterstock itu sendiri, beberapa hal dibawah ini akan bisa kamu jadikan referensi untuk pertimbangan dalam karya yang akan kamu jual nantinya.

  • Perhatikan resolusi dan jenis foto.
    Pihak Shutterstock menetapkan resolusi 4 megapixel dengan format file jpeg, vektor, dan eps.
  • Pastikan memiliki kualitas gambar sangat baik. Hal ini menunjang untuk diloloskan tidaknya jepretan kamu.
  • Pastikan tidak memgandung SARA. Mengenai ini jelas dilarang keras oleh pihak Shutterstock. Jika melanggar, maka foto akan langsung ditolak, bahkan diblokir tanpa adanya review.

Cara Upload Foto Ke Shutterstock

Dari beragamnya kotributor di shutterstock, tentu akan terbagi menjadi dua macam device yang sering digunakan, yakni melalui PC dan Smartphone, dan berikut adalah langkah dari setiap device untuk cara mengupload gambar di shutterstock.

Cara Upload Shutterstock lewat PC

  1. Buka website Shutterstock melalui browser di pc kamu.
  2. Tekan tombol image di sebelah kiri atas.
  3. Klik select multiple file dan pilih foto yang akan di upload.
  4. Tekan tombol next untuk melanjutkan proses.
  5. Isi data yanh diminta seperti keterangan dan deskripsi untuk foto.
  6. Tekan tombom submit dan tunggu hingga foto terkirim.

Cara Upload Shutterstock di HP

  1. Silahkan kamu dowload aplikasi Shutterstock Contributoer di ponsel kamu.
  2. Login dengan akun kontributor shutterstock kamu terlebih dahulu.
  3. Setelah resmi menjadi contributor dan ingin mengupload foto, tekan tombol panah ke atas
  4. Tap tanda (+) untuk memilih foto yang akan dijual
  5. Tunggu proses hingga selesai. Jika muncul kata failed, jangan khawatir, foto sudah terupload
  6. Lakukan submit hingga selesai

Demikian penjelasan mengenai Cara Menjual Foto Di Shutterstock Untuk Pemula. Semoga menambah pengetahuan dan wawasan kita semua. Jangan lupa untuk mencoba setelah mendapat wawasan ini, ya. Sampai jumpa lagi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Harap support Blog ini dengan tetap menayangkan iklan, matikan AdBlocker. Terimakasih.