Cara Masuk ke Safe Mode Windows 10 Saat Booting

Cara Masuk ke Safe Mode Windows 10 - Safe mode merupakan opsi pilihan yang disediakan oleh Windows dengan fungsi utama menangani masalah sistem. Fitur safe mode ini disediakan Windows dengan berbagai tujuan. Salah satunya untuk memeriksa atau memperbaiki ketika ada kerusakan pada sistem dalam Windows. Selain itu, safe mode juga dapat menghapus virus, memeriksa kerusakan dalam driver, dan lainnya.

Ketika safe mode aktif, maka Windows akan berjalan secara minimal termasuk juga untuk sofware tambahan lainnya. Jadi ketika safe mode aktif, hanya file dan driver saja yang aktif.

Safe mode yang aktif akan terlihat di pojok kanan atas Windows. Untuk mengaktifkan safe mode, caranya cukup mudah.

Berikut ini cara masuk ke safe mode windows 10 saat booting.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Cara masuk safe mode windows 10

Untuk masuk ke safe mode dalam Windows, Anda harus mengaktifkan enable save mode. Namun sebelum itu, ada langkah-langkah yang harus dilewati terlebih dulu.

Tahap-tahapnya adalah sebagai berikut ini.

  1. Klik tombol Windows, lalu tekan power.
  2. Tahan shift key, lalu tekan tombol restart.
  3. Pilih menu troubleshoot, lanjutkan dengan meng-klik advance opstions.
  4. Tekan start up setting, lalu pilih restart.
  5. Layar akan menampilkan beberapa versi boot yang bisa dipilih. Safe mode yang penting hanya terdapat pada opsi 4, 5, dan 6. Jadi Anda hanya harus memilih opsi tersebut dengan mengetikkan F4, F5, atau F6.
    • Opsi nomor 4 (enable safe mode) berarti sistem akan berjalan minimum dan hanya beberapa fungsi Windows utama saja yang berjalan.
    • Opsi nomor 5 (enable safe mode with networking) dalam sistem ini berarti operasi network drivers juga akan berjalan.
    • Opsi nomor 6 (enable safe mode with command prompt) berarti sistem operasi akan berjalan lewat mode teks saja. Untuk opsi yang satu ini mungkin diperuntukan bagi yang sudah berpengalaman.
  6. Setelah selesai memilih, maka Windows Anda suda berhasil masuk ke safe mode.

Cara Masuk Safe Mode Ketika Tidak Bisa Mem-Boot Sistem

Jika safe mode tidak bisa mem-boot sistem, maka terlebih dulu Anda harus masuk ke Windows Recovery Environment (WinRe) ketika laptop dinyalakan. Jika sistem tidak bisa memuat konfigurasi dalam dua kali, sistem akan otomatis mengarahkan tampilan pada Windows Recovery Environment.

Untuk lebih memahami, perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Setelah laptop Anda sudah menyala, tekan dan tahan tombol daya selama 15 detik. Hal ini dilakukan untuk mematikan paksa sistem.
  2. Tekan kembali tombol daya laptop Anda untuk menyalakan.
  3. Lakukan tahap 1 dan 2 selama beberapa kali.
  4. Laptop atau komputer akan mengizinkan untuk memulai sepenuhnya. Selanjutnya masuk ke Windows Recovery Environment.
  5. Setelah masuk, pilih tombol troubleshoot. Jika tidak ada pilihan ini, maka kemungkinan ada terjadi kerusakan dalam file OS laptop Anda.
  6. Kemudian pilih advanve options. Setelah itu, klik start up settings.
  7. Setelah selesai, klik tombol restart.
  8. Layar akan menampilkan beberapa pilihan. Namun, untuk melakukam safe mode ada di opsi nomor 4,5, dan 6. Anda bisa memilih opsi 4 (enable safe mode). Jika memerlukan jaringan layanan untuk akses internet dan komputer, Anda bisa memilih opsi ke-5.
  9. Apabila fitur safe mode sudah muncul di bagian atas monitor, maka fitur tersebut sudah aktif.

Itulah cara masuk ke safe mode windows 10 saat booting dan juga ketika tidak bisa mem-booting sistem. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Selamat mencoba dan sampai jumpa.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Harap support Blog ini dengan tetap menayangkan iklan, matikan AdBlocker. Terimakasih.