Cara Mengatasi Masalah CLS: lebih dari 0,25 (Seluler) dan 0,1 (Desktop) Pada Blogger

cara mengatasi cls error

Cara Memperbaiki Masalah CLS Lebih dari 0,25 (seluler) dan 0,1 (dekstop) - SEO Atau search engine optimization terbagi menjadi 2 yaitu Seo on page dan Seo off page, artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi masalah CLS lebih dari 0,25 seluler dan 0,1 pada desktop yang mana masalah tersebut sangat mempengaruhi untuk SEO dan merupakan permasalahan yang timbul dari segi on page.

CLS atau Cumulative Layout Shift merupakan Pergeseran Tata Letak Kumulatif (CLS) adalah metrik penting yang berpusat pada pengguna untuk mengukur stabilitas visual karena membantu mengukur seberapa sering pengguna mengalami perubahan tata letak yang tidak terduga — CLS yang rendah membantu memastikan bahwa laman menyenangkan. (Source:web.dev)

Untuk contoh dari permasalahan cls ini adalah seperti pergeseran posisi layout yang tiba-tiba berubah saat pengunjung melihat tampilan dari website kita contohnya adalah seperti berikut ini : CLS Web.Dev

Bisa dilihat pada tampilan video singkat di atas yang saya ambil langsung melalui situs web.dev bahwa yang tampil ketika di klik akan bergeser dan menampilkan layout tambahan nilainya. Nah inilah yang disebut sebagai CLS sangat mempengaruhi skor data web inti pada search console sehingga mempengaruhi SEO itu sendiri.

Hal ini janganlah Anda anggap sepele karena ini harus segera dilakukan perbaikan agar struktur website atau blog anda kembali menjadi rapi dan sesuai kaidah SEO Google.

Nah untuk mengatasi dan memperbaiki masalah cls melebihi 0,25 pada seluler ini berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi Cumulative Layout Shift Error Pada Blogger

#1 Memperbaiki Struktur Template Blog

Karena masalah ini ditimbulkan oleh pergeseran layout yang mendadak dan tidak terduga pada website atau blog, hal yang harus anda lakukan adalah memperbaiki struktur dari blog tersebut.

Dikarenakan setiap permasalahan situs itu berbeda-beda maka saya sarankan anda untuk melakukan pengecekan langsung melalui situs web.dev yang mana akan memberikan informasi lengkap mengenai kesalahan-kesalahan struktur pada website anda.

  1. Kunjungi situs web.dev disini : Web.Dev Site Audit.
  2. Kemudian masukkan url dari situs Anda pada kolom "Test My Site".
  3. Tunggu hingga beberapa saat hingga hasil muncul.
  4. Setelah itu hasil dari pengujian muncul, tekan tombol view report untuk melihat detail permasalahannya.
  5. Lakukan perbaikan pada bagian-bagian yang diperlukan hingga score yang tampil jadi hijau.
    cls lebih dari error pada blogger

#2 Memasang LazyLoad

LazyLoad merupakan script yang berguna untuk menunda pengunduhan konten berupa gambar atau script lainnya yang memberatkan sebuah blog, dengan menggunakan lazyload ini akan membuat blog anda menjadi cepat untuk diakses dan akan membantu peningkatan skor situs di mesin pencari terlebih pada perbaikan data web inti.

Untuk dapat menggunakan lazyload ini Anda bisa membaca banyak sekali tutorial blogger yang ada di Internet karena untuk saat ini saya belum sempat untuk menuliskan tutorialnya, hehe.

#3 Mengganti Template Blog

Jika opsi pertama tadi memberatkan dan anda pun tidak memahami bagaimana cara untuk melakukan perbaikan struktur website yang error, maka untuk jalan pintasnya Anda bisa memilih untuk mengganti template blog anda menjadi yang lebih baik dan SEO Friendly.

cara mengatasi cls error

Untuk hal ini saya hanya bisa merekomendasikan beberapa template blog Seo friendly dan fast loading untuk membantu permasalahan Anda ini, berikut adalah rekomendasi template blogger yang sangat saya anjurkan :

Nah dari beberapa template blogger terbaik di atas saya banyak menyarankan menggunakan template premium, untuk Anda yang tidak ingin keluar uang untuk menggunakan template premium, Anda juga bisa menggunakan template blogger gratis terbaik dari Jettheme dan Igniel diatas.

Cara Validasi Perubahan Setelah Melakukan Perbaikan

Jika Sudah melakukan perbaikan perbaikan di atas atau telah mengganti template dan mengatur strukturnya menjadi lebih baik selanjutnya anda perlu untuk validasi perubahan agar segera di konfirmasi oleh Google Search Console dan mesin pencari.

  1. Pertama silahkan Anda masuk ke Google Search Console dengan blog Anda.
  2. Lalu klik menu garis tiga disebelah kiri atas.
  3. Pilih bagian Data Web Inti.
    data web inti error
  4. Selanjutnya pilih bagian yang Error baik seluler maupun desktop.
  5. Kemudian tekan opsi "Validasi Perbaikan".

Dengan demikian anda hanya perlu menunggu hingga proses validasi perbaikan pada saat konsol berhasil dikonfirmasi oleh Google dan ini biasanya membutuhkan waktu hingga 28 hari sesuai yang tertera pada Search Console.

Nah jadi sekian saja tutorial kali ini mengenai bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki masalah CLS lebih dari 0,25 (seluler) dan 0,1 (desktop) yang bisa saya bagikan kali ini semoga bermanfaat dan dapat berguna Terima kasih atas kunjungannya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Harap support Blog ini dengan tetap menayangkan iklan, matikan AdBlocker. Terimakasih.