Pasang Histats Blog Jadi Lemot?, Begini Solusinya Agar Tetap Ngebut

NURHADI BACHTIAR - Salah satu hal wajib yang biasanya dilakukan oleh seorang blogger yaitu melakukan tracking atau pelacakan terhadap jumlah pengunjung yang datang ke situs yang dikelolanya, sebagian besar blogger akan menggunakan stat counter visitor gratis seperti Histats.

Namun, tak jarang pula banyak blogger yang mengeluhkan akan penggunaan histats ini dikarenakan script yang diberikan akan membuat loading blog menjadi lemot dan akan menampilkan skor yang rendah saat dilakukan pengecekan melalui page speed insight dari Google, maka jelaslah bahwa hal ini harus dicari cara untuk mempercepat loading blog saat terpasang histats.

blog jadi lemot setelah pasang histats

Saya sendiripun juga merasakan masalah yang sama, dimana saat blog yang saya kelola dipasangi histats malah membuat loadingnya menjadi lemot bahkan skor yang didapat saat dilakukan pengecekanpun turun cukup jauh, hal ini tentu akan berpengaruh kepada SEO dari blog yang kita miliki dimana kecepatan loading juga menjadi tolak ukur untuk penilaian baik atau tidaknya SEO dari sebuah situs.

Nah .. Maka dari itu kali ini saya akan memandu teman blogger semua untuk cara menggunakan histats yang benar agar loading blog tidak berat supaya nantinya tetap dapat melakukan tracking visitor dengan normal tanpa adanya permasalahan pada kecepatan loading blog.

Secara sederhana, kebanyakan dari kita akan menggunakan kode yang muncul pertama kali saat meminta kode tracking dari histats, padahal hal itu memiliki dua opsi yang sangat harus diperhatikan, berikut adalah hal yang memicu loading blog menjadi berat setelah memasang histats berupa solusinya.

Cara Gunakan Histats Agar Blog Tetap Ngebut

  1. Langkah pertama tentunya teman blogger harus membuka situs histats terlebih dahulu, atau tinggal klik pada link ini Histats.
  2. Kemudian, silahkan masuk pada menu Panel Kendali yang ada pada bagian sudut kanan atas.
  3. Lalu, pilih situs mana yang akan dieksekusi untuk didapatkan trackingnya.
  4. Setelah itu, sobat pilih menu Counter Code yang ada dibagian panel atas untuk mendapatkan kode.
    cara daftar histats
  5. Kemudian sobat pilih jenis counter yang digunakan, disini saya menggunakan Hidden Counter. Klik jenis counter tersebut, dan perhatikan pada opsi yang tersedia dibawahnya akan tersedia dua buah opsi yakni Standart dan No Javascript. Silahkan Pilih yang bagian No Javascript.
    cara gunakan histats agar blog tidak lemot
  6. Jika sudah, copy code tersebut, dan tempelkan di blog sobat. Untuk platform Blogger bisa langsung paste di menu Tata Letak > Tambah Widget > HTML / Javascript > Paste.

Nah .. Sederhana sekali bukan?, opsi sederhana yang sangat jarang sekali kita perhatikan ketika hendak menggunakan histats tersebut ternyata sangat-sangat memberi pengaruh yang besar terhadap kecepatan loading blog.

Maka sudah jelas bahwa penggunaan javascript yang diberikan histats lah yang sebenarnya membuat blog menjadi berat dan lama untuk diakses, penggunaan tanpa javascript akan membuat kecepatan loading blog menjadi stabil kembali namun tetap dapat melakukan tracking dengan baik seperti yang diharapkan. Semoga membantu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Harap support Blog ini dengan tetap menayangkan iklan, matikan AdBlocker. Terimakasih.