Gboard Xiaomi Error?, Begini 3 Cara Mengatasi Paling Mudah

NURHADI BACHTIAR - Berdasarkan data dari Google Play Store pada bulan Agustus 2018, Gboard sudah diinstal sebanyak lebih dari 1 miliar pengguna android. Menjadikan Gboard sebagai aplikasi terpopuler pada kalangan pengguna android, tidak terkecuali handphone merk xiaomi. Namun, terkadang Gboard xiaomi mengalami error secara tiba-tiba. Bagaimana cara mudah untuk mengatasinya?

gboard xiaomi error

Sebelum Anda mengambil langkah untuk memperbaikinya, sebaiknya Anda cari dahulu apa penyebabnya. Biasanya error gboard terjadi karena Anda menginstall versi terbaru Gboard yang tidak kompatible dengan jenis handphone Anda. Sehingga membuat Gboard tiba-tiba tertutup sendiri dengan tidak jarang menampilkan pesan error berupa "Sayangnya Gboard telah berhenti" atau tampilan keyboard yang blank dan tidak terlihat.

3 Cara Mengatasi Gboard Xiomi Yang Error

Anda tidak perlu panik dan juga takut saat mengalami hal seperti di atas. Karena kali ini kita akan membahas cara-cara mudah untuk mengatasi Gboard xiaomi yang error. Berikut uraian singkatnya:

1. Melalui menu Setelan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka menu Setelan, kemudian klik pada submenu Setelan tambahan. Klik lagi pada submenu Bahasa & Masukan, kemudian tap Gboard. Setelah Anda klik Gboard, biasanya akan muncul sebuah notifikasi yang memberitahukan bahwa “Gboard telah berhenti”.

Anda klik pilihan laporan, kemudian coba lagi untuk membuka Gboard. Biasanya Gboard akan kembali bekerja secara normal. Namun, jika Gboard kembali mengalami error beberapa hari kemudian, Anda bisa melakukan cara yang kedua.

2. Menghapus data Gboard pada handphone Xiaomi Error

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan jika Gboard Xiaomi error adalah dengan menghapus data Gboard. Langkah pertama, buka menu Setelan, kemudian klik Kelola Aplikasi. Setelah itu, Anda klik pada 3 titik yang berada di pojok kanan atas. Selanjutnya pilih Tampilkan semua apl. Setelah semua aplikasi yang ada pada ponsel Anda muncul, Anda cari aplikasi dengan nama Gboard. Kemudian klik aplikasi tersebut dan pilih Hapus data. Setelah proses penghapusan data selesai, Anda coba lagi mengetik menggunakan Gboard. Biasanya Gboard tidak akan error lagi.

3. Mengganti default Gboard Keyboard

Jika dua cara di atas tidak bisa mengatasi error pada Gboard, Anda perlu mengganti default keyboard pada ponsel Anda. Yaitu mengganti default keyboard dengan aplikasi keyboard lain, seperti TouchPal, Swiftkey, dan masih banyak lagi.

Langkah awal untuk mengganti default keyboard, yaitu :

  1. Buka aplikasi Play Store pada ponsel Anda.
  2. Search aplikasi Swiftkey, klik aplikasinya dan kemudian pilih install.
  3. Setelah aplikasi sudah terpasang, klik pada aplikasi tersebut dan kemudian pilih Aktifkan Swiftkey.
  4. Biasanya akan muncul pilihan untuk keyboard yang tersedia pada ponsel Anda, pilihlah Keyboard Swiftkey.
  5. Setelah itu, Anda klik Pilih Swiftkey, saat muncul notifikasi Ubah Keyboard, pilih Keyboard Swiftkey.

Langkah penginstallan sudah selesai, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut sebagai keyboard baru Anda.

Jika Anda memilih untuk mengganti keyboard default, Anda tidak perlu khawatir kehilangan Gboard default. Karena Anda bisa menggunakannya kembali dengan cara masuk ke dalam menu Pengaturan, klik Keyboard, kemudian pilih Gboard. Maka Gboard default sudah bisa Anda gunakan kembali.

Memang sangat mengesalkan saat mengalami keyboard yang error secara tiba-tiba. Apalagi saat ingin mengetik informasi penting dan harus segera Anda kirim. Semoga 3 cara mengatasi gboard xiomi yang error di atas bisa bermanfaat untuk Anda pengguna handphone Xiaomi. Dan ponsel Anda dapat berfungsi normal kembali. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Harap support Blog ini dengan tetap menayangkan iklan, matikan AdBlocker. Terimakasih.