Cara Mematikan Antivirus Avast di Komputer

NURHADI BACHTIAR - Antivirus berperan penting untuk melindungi data dan komponen penting PC dari malware. Malware ini dapat masuk melalui portable usb (flashdisk) maupun jaringan website.

cara mematikan antivirus avast

Ada banyak pilihan produk antivirus yang dapat dipilih. Salah satunya adalah Avast. Avast merupakan antivirus yang dikembangkan oleh Alwil Software (Praha).

Tapi pernah gak, kamu merasa perlu menonaktifkan fitur antivirus Avast? Semisal ketika kamu butuh menungunduh data dari domain website yang tidak terproteksi. Nah, ada dua cara untuk mematikan antivirus avast di computer. Berikut adalah tahapan-tahapannya:

Cara mematikan antivirus avast dari tool bar

1. Klik show hidden icon

Hidden icon terletak pada toolbar sebelah kanan. Biasanya memiliki simbol ‘^’ seperti menunjukan ‘up’.

2. Klik kanan pada simbol Avast Antivirus

Cari logo Avast kemudian kamu klik kanan tepat di logo tersebut.

3. Pilih avast shields control

Akan ada beberapa menu yang muncul. Kamu bisa mengklik ‘avast shield control’ untuk menonaktifkan antivirus.

cara mematikan antivirus avast

4. Tentukan durasi

Setelah itu, kamu bisa pilih berapa lama antivirus avast akan dinonaktifkan. Antivirus bisa dinonaktifkan selama 10 menit, 1 jam, selama computer belum dimatikan, dan selamanya (permanen).

cara mematikan antivirus avast

5. Finalisasi

Akan muncul dialog box ang akan mengonfirmasikan kembali terkait keputusan kamu mematikan antivirus Avast. Kamu bisa memilih ‘ok’ untuk menyetujuinya.

Adapun keunggulan cara mematikan antivirus avast dari tool bar adalah caranya sangat mudah dan tampilannya cepat ditemukan. Sedangkan kekurangannya tidak tersedia fitur screening, sehingga mode disable akan menonaktifkan kinerja antivirus secara keseluruhan.

Cara mematikan antivirus avast dari aplikasi

1. Buka aplikasi, pilih tombol ‘Protection’

Pertama-tama kamu bisa buka aplikasi Avast di computer kamu. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti pada gambar. Kamu bisa memilih tombol ‘protection’ untuk tahap berikutnya.

cara mematikan antivirus avast

2. Pilih ‘Virus Scan’ kemudian pilih simbol ‘Settings’

Pada fitur ‘protection’ terdapat 6 pilihan. Kamu bisa memilih ‘virus scan’. Pada menu virus scan terdapat simbol settings di sebelah kanan atas seperti pada gambar.

cara mematikan antivirus avast

3. Pilih tab ‘Full Virus Scan’

Pada tab ini kamu bisa mengatur kinerja pada antivirus Avast. Kamu bisa menghilangkan centang pada bagian yang ingin dinonaktifkan dan mengaktifkan centang pada bagian yang ingin tetap terproteksi.Selain itu, kamu juga bisa mengatur tingkat sensitivitas antivirus dari avast dan scan priority.

4. Tentukan pengaturan antivirus yang akan dinonaktifkan

Keunggulan cara mematikan antivirus avast dari aplikasi adalah kamu dapat mengatur kinerja antivirus secara parsial. Tentu saja ini akan lebih fleksibel dan toleran terhadap domain midle. Sedangkan kelemahannya adalah bagi yang tidak terbiasa akan merasa sulit untuk menonaktifkan. Selain tahapannya yang lebih panjang juga keterbatasan pengetahuan bagian mana saja yang sebaiknya tetap diaktifkan atau dinonaktifkan.

Cara Mematikan Antivirus Avast dengan Uninstall

Sering kali para user mulai jenuh melihat pop up free trial antivirus Avast mendekati masa berakhir. Iklan pun berkali-kali muncul sampai sempat mengganggu presentasi. Lalu, bagaimana caranya melakukan uninstall antivirus avast?.

  1. Buka Control Panel
  2. Klik ‘uninstall a program’ pada menu ‘program’
  3. Klik aplikasi antivirus avast
  4. Pilih uninstall
  5. Konfirmasi uninstall dengan memilih ‘yes’

Ketika kamu memutuskan untuk melakukan uninstall antivirus avast, pastikan bahwa kamu memiliki proteksi lainnya. Hal ini untuk mencegah potensi kerugian yang mungkin ditimbulkan ketika computer kamu bekerja tanpa antivirus avast. Nah itu dia cara mematikan antivirus Avast, semoga bisa membantu para pembaca setia dalam mengatasi permasalahan virus di gadgetnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url