Cara Membagi Bandwith Indihome Tanpa Mikrotik

NURHADI BACHTIAR - Memiliki koneksi internet dari Wifi merupakan hal yang sangat menyenangkan karena kecepatan cenderung relatif stabil bila dibandingkan dengan kecepatan seluler. Namun terkadang pengguna Wifi yang terlalu banyak bisa membuat penggunaan bandwidth dan jaringan menjadi rebutan sehingga mengganggu kecepatan internet yang ada terlebih akan sangat menyebalkan ketika kita sedang bermain game online. Kalau Anda mengetahui cara membagi bandwidth Indihome tanpa mikrotik maka hal ini tidak perlu terjadi.

cara membagi bandwith indihome tanpa mikrotik

Sebelum membahas secara lebih lanjut, berikut adalah ulasan singkat mengenai bandwidth bagi Anda yang belum mengetahuinya. Secara sederhana bandwidth merupakan jumlah konsumsi transfer data dengan satuan bit/detik. Secara umum, satuan bandwidth adalah bit per second atau yang biasa disingkat dengan sebutan bps. Besaran  bandwidth menunjukkan kapasita maksimum transfer data yang bisa dilakukan dalam satuan waktu.

Cara Membagi Bandwidth Indihome Tanpa Mikrotik Yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu cara yang bisa digunakan apabila jaringan Wifi Anda memiliki banyak pengguna adalah dengan membagi kapasitas bandwidth yang dimilikinya. Pada umumnya, pembagian ini bisa dilakukan dengan menggunakan mikrotik. Namun jika Anda ingin mengetahui cara membagi bandwidth Indihome tanpa mikrotik berikut adalah alternatif yang bisa digunakan.

1. Menggunakan Halaman Konfigurasi Modem

Jika Anda ingin membagi bandwidth internet Anda tanpa menggunakan aplikai mikrotik, maka salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan halaman konfigurasi modem yang Anda miliki. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa melakukannya menggunakan laptop/pc maupun juga smartphone yang sudah terhubunng dengan koneksi Wifi atau LAN Indihome Anda.

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk membagi bandwidth lewat halaman konfigurasi modem Anda.

Anda bisa mengetikkan IP Adress berupa 192.168.1.1 pada browser yang Anda gunakan.

Jika sudah maka Anda bisa login dengan cara memasukkan username dan juga password dari modem Anda.

Langkah selanjutnya adalah Anda bisa memilih menu “Basic”.

Jika sudah, maka Anda bisa mengubah SNM menjadi SSID pada pengatura QoS Type.

Selanjutnya Anda bisa klik menu “Submit’ atau bisa juga “Apply”.

Kemudian Anda bisa masuk ke menu Choose SSID pada bagian SSID Setting yang ada di laman dashboard modem tersebut.

Silakan Anda bisa memilih SSID 2 dan centang pada bagian Enable SSID.

Lakukan pembatasan bandwidth dengan mengatur jumlah Maximum Clients.

Anda bisa memasukkan angka 5 pada bagian kolom Priority. Jika sudah silakan pilih “Submit” atau bisa juga “Apply” bergantung pada pilihan yang muncul.

Anda bisa melakukan langkah yang sama untuk melakukan pengaturan pada SSID 1. Namun pada SSID 1 ini Anda silakan masukkan angka 7 pada kolom Priority kemudian klik “Submit” ataupun “Apply”.

2. Menggunakan Perangkat Lunak

Cara membagi bandwidth Indihome tanpa mikrotik yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan perangkat lunak. Sebenarnya ada cukup banyak aplikasi atau perangkat lunak yang bisa Anda temui untuk mengatur pembagian bandwidth. Beberapa diantaranya yang bisa Anda gunakan antara lain adalah P2Pover, SoftPerfect Bandwidth Manager, NetLimiter, dan ataupun bisa juga menggunakan Selfish NET.

Untuk menggunakan perangkat lunak di atas pun relatif cukup mudah. Anda hanya perlu menginstal dan mengikuti petunjuk selanjutnya untuk bisa melakukan pembagian kapasitas bandwidth pada perangkat yang Anda miliki.

Demikianlah cara membagi bandwidth Indihome tanpa mikrotik yang perlu Anda ketahui. Kini dengan menggunakan beberapa cara mudah di atas, Anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin melakukan pembagian kapasitas bandwidth koneksi internet yang Anda miliki.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url