Cara Kalibrasi Baterai Laptop Aman dan Praktis

NURHADI BACHTIAR - Seiring dengan penggunaannya, daya baterai pada umumnya akan mengalami penurunan. Maka dari itu, Anda perlu melakukan kalibrasi baterai pada laptop Anda agar kondisi baterai yang sebenarnya dapat diketahui. Cara kalibrasi baterai laptop aman pada umumnya tidak terlalu berbeda jauh dengan cara kalibrasi pada baterai smartphone yakni dilakukan secara manual ataupun menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Aman Untuk Melihat Kondisi Kesehatan Baterai

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara melakukan kalibrasi baterai pada laptop, berikut adalah beberapa alternatif cara yang bisa Anda gunakan.

1. Kalibrasi Baterai Menggunakan Cara Manual

 
cara kalibrasi baterai laptop

Salah satu cara kalibrasi baterai laptop aman yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan cara manual. Sebelum Anda melakukan kalibrasi dengan cara manual ini, hal penting yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah mematikan fitur sleep atau penghemat daya pada laptop Anda.

Mematikan Fitur Hemat Daya

Untuk mematikan fitur hemat daya ini, Anda bisa mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

  1. Silakan Anda bisa pergi ke bagian Control Panel kemudian silakan memilih Hardware and Sound kemudian pilih Power Options. Jika sudah, silakan Anda memilih menu Change when the computer sleeps. Kemudian pada bagian pengaturan Put the computer to sleep silakan ubah durasinya ke Never.
  2. Selanjutnya Anda bisa klik menu Change Advanced Power Setting. Anda akan dibawa ke jendela baru. Kemudian silakan Anda memilih menu Battery kemudian tekan tombol “+” lalu ekspansikan juga pada bagian menu Critical Battery Action kemudian silakan memilih pengaturan hibernate.
  3. Pada bagian Critical Battery Level, silakan Anda klik pada bagian On Battery dan kemudian setel ke nilai terrendah yakni 1% hingga 5%. Lalu klik Apply dan kemudian OK dan terakhir silakan klik Save Changes untuk menyimpan pengaturan.
Apabila Anda sudah melakukaan pengaturan daya laptop seperti di atas, kini Anda pun bisa melangkah lebih lanjut ke proses kalibrasi baterai laptop Anda. 

Langkah Kalibrasi Manual Baterai Laptop

Cara kalibrasi baterai laptop aman secara manual ini bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah mudah berikut :
  1. Silakan Anda bisa mengisikan baterai laptop Anda hingga mencapai 100% dan biarkan charger tersebut terhubung selama beberapa menit untuk membuatnya menjadi dingin.
  2. Jika sudah, Anda bisa melapaskan charger tersebut dan biarkan laptop Anda menyala tanpa digunakan untuk apapun hingga baterainya habis.
  3. Kemudian Anda bisa melakukan pengisian kembali baterai laptop tersebut hingga 100% kembali. Pada proses pengisian ulang ini sebaiknya laptop tidak digunakan untuk melakukan aktivitas apapun.
  4. Apabila baterai laptop sudah terisi penuh maka proses kalibrasi baterai secara manual tersebut sudah selesai dan seharusnya laptop Anda pun sudah bisa membaca kapasitas baterai secara normal kembali.

2. Cara Kalibrasi Baterai Laptop Aman Dengan Menggunakan Perangkat Lunak

cara kalibrasi baterai laptop
Jika Anda merasa bahwa langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi baterai dengan cara manual di atas cukup merepotkan, maka Anda pun bisa menggunakan aplikasi atau perangkat lunak dari pihak ketiga untuk melakukan kalibrasi baterai. Salah satu aplikasi perangkat lunak yang bisa Anda gunakan adalah BatteryCare.

Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk melakukan kalibrasi baterai laptop yang Anda miliki. Cara penggunaanya pun cukup mudah karena Anda hanya perlu melakukan instalasi dan kemudian melakukan beberapa langkah sederhana untuk melakukan kalibrasi baterai laptop Anda. Apabila tertarik dengan aplikasi ini, Anda bisa langsung mengunduhnya lewat situs resmi perangkat lunak tersebut.

Demikianlah cara kalibrasi baterai laptop aman yang bisa Anda lakukan. Kini dengan beberapa langkah di atas, Anda bisa melakukan kalibrasi pada baterai laptop Anda secara lebih mudah dan juga efisien.