Cara Mengaktifkan Wifi dan Hotspot Bersamaan di Android

NURHADI BACHTIAR - Pernah gak sih terpikir olehmu untuk menjadikan ponsel android yang sering kamu gunakan sebagai wifi extender ataupun access point sederhana ?. Jika hal tersebut pernah terfikirkan, maka melalui artikel ini saya akan memberikan tutorial yang sangat sederhana kepada anda semua mengenai cara membuat wifi dan hotspot android dapat hidup bersamaan sehingga akan sangat berguna saat keperluaan anda nantinya.

Pada dasarnya android hanya bisa mengaktifkan salah satu dari wifi ataupun hotspot tanpa bisa mengaktifkannya secara bersamaan dalam waktu yang sama, padahal jika kedua fungsi ini bisa diaktifkan di waktu yang sama tentu akan sangat berguna sekali dalam kehidupan kita. 

Contohnya saja adalah ketika kita hendak menggunakan wifi di laptop namun terhalang banyak tembok yang menyebabkan sinyal wifi yang kita terima jadi hilang, kita bisa menjadikan ponsel android kita sebagai penerima sinyal wifi dan menaruhnya diposisi yang tepat dan mengaktifkan hotspot sebagai penyebar luasan wifi yang diterima agar nantinya laptop yang kita gunakan tadi mendapatkan sinyal yang kuat.

Terlihat sederhana namun tentu sangat bermanfaat, itulah mungkin contoh singkat yang bisa menjelaskan bagaimana bergunanya fitur ini di ponsel android ketika bisa di aktifkan secara bersamaan.

Nah, kembali ke judul artikel ini bahwasanya saya akan memberikan tutorial sederhana ini kepada anda sebagai pembaca.

Mudah saja, berikut adalah langkah mudah dan cepat untuk mengaktifkan wifi dan hotspot bersamaan di android.

Cara Mengaktifkan Wifi dan Hotspot Bersamaan di Android

Pada tutorial ini saya menggunakan device Redmi Note 9, untuk device lain mungkin akan sedikit berbeda namun jika diikuti dengan seksama dan mencari menu yang mirip tentunya akan bisa melakukan eksekusi ini dengan mulus tanpa kendala. Oke letsss goo!.

1. Aktifkan mode pengembang terlebih dahulu pada device android anda dengan cara masuk ke pengaturan > Tentang Ponsel > Klik 10x Versi Kernel atau versi MIUI (xiaomi) hingga muncul notice "Anda adalah seorang pengembang".

2. Jika sudah, masuk ke opsi pengembang di pengaturan telepon android anda yang bisa ditemui pada Pengaturan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang.

3. Setelah itu, scroll atau gesek kebawah hingga anda menemukan bagian "Jaringan", dan ada opsi bertuliskan "Hidupkan Ekstensi Jangkauan WiFi", jika ketemu silahkan di aktifkan.

4. Setelah opsi tersebut aktif, maka anda sudah bisa mengaktifkan WiFi dan Hotspot secara bersamaan.

Nahh, hal ini tentunya akan sangat berguna sebagai WiFi Extender didaerah yang kurang tercover jaringan wifi, dan ponsel androidpun bisa menjadi penolong sebagai media untuk perluasan jaringan wifi yang terkoneksi pada ponsel android tersebut.

Sangat sederhana, mudah, dan jelas bukan?, Untuk device lain selain xiaomi mungkin akan ada sedikit perbedaan menu dan opsi yang muncul. Namun jangan khawatir, untuk android yang menggunakan versi 10 atau bahkan nanti diatasnya tidak perlu lagi menggunakan cara ini karena untuk menjadi WiFi extender sudah aktif secara sendirinya tanpa harus melakukan eksekusi apapun, kesimpulannya adalah Android dengan versi 10 atau bahkan diatasnya sudah support untuk mengaktifkan wifi dan hotspot bersamaan.
Next Post Previous Post
4 Comments
  • Unknown
    Unknown 16/4/21 17:45

    Kenapa tiap kali saya hidupkan ekstensi jangkauan wifi lalu saya aktifkan hotspot wifi nya tetap terputus?.. Dan ketika di cek hidupkan ekstensi jangkauan wifi nya mati lagi, kalau dihidupkan lagi tetap kayak gitu, tidak bisa menyala bersamaan hotspot dan wifi nya

    • Nurhadi Bachtiar
      Nurhadi Bachtiar 17/4/21 04:35

      Kalau boleh tahu agan menggunakan device apa ya?

    • Denis
      Denis 18/4/21 05:44

      Redmi note 8 permasalahan nya sama kek di atas

    • Nurhadi Bachtiar
      Nurhadi Bachtiar 21/4/21 14:13

      Coba disesuikan persis pengaturannya kayak screenshot di postingan gan, karna di device saya gak ada masalah sih 😅

Add Comment
comment url
Harap support Blog ini dengan tetap menayangkan iklan, matikan AdBlocker. Terimakasih.