Cara Jitu Memperbaiki Printer Canon MP287 Error P07

NURHADIBACHTIAR - Cara memperbaiki printer Canon MP287 yang error P07 akan kita ulas pada artikel kali ini. Untuk Anda pengguna dari pengguna printer tipe Canon MP287 mungkin telah mengalami error yang saya maksud, dimana error petunjuk yang muncul pada layar adalah printer P07.
Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Error P07

Hal ini terjadi ketika Anda akan mencetak atau melakukan print dengan menggunakan Canon MP287 namun mengalami display printer menjadi angka 1 lalu sedetik kemudian berubah lagi menjadi huruf "P", dan kemudian manjadi hurug "0" lalu "7", dan terus berulang-ulang dengan lampu tombol power berkedip-kedip atau BLINK.

Kode Error "P07" biasanya muncul karena Counter pencetakan sudah Full, maka solusi untuk memperbaiki dan mengatasi masalah ini adalah dengan cara kita harus meresetnya.

Cara Memperbaiki Error P07 Canon MP287

langkah yang dapat kita ambil untuk mengatasai masalah ini adalah membuat printer ke dalam Service MODE atau SAVE MODE, lalu lakukan Reset Counter menggunakan Software yang sesuai.

Bagaimana cara masuk ke Service Mode / Save Mode Printer Canon MP287 ?

  1. Pastikan kondisi Printer OFF (mati), dan kabel power masih terhubung ke Listrik PLN.
  2. Lalu tekan tombol "RESET dan STOP" dan TAHAN.
  3. Kemudian tekan tombol Power dan TAHAN, sehingga posisi kedua Tombol masih dalam keadaan tertekan.
  4. Selanjutnya lepaskan tombol "RESET dan STOP" tadi, Namun tombol Power masih ditahan.
  5. Berikutnya Tekan tombol "RESET dan STOP" sebanyak 6x. Setiap kali Anda menekan maka lampu display akan berkedip, yang berarti printer telah merespon tindakan yang Anda lakukan.
  6. Apabila berhasil, secara otomatis printer akan menjalankan Rollernya. Saat itu lampu display akan berubah menjadi BLANK. Hal ini wajar dan jangan khawatir dengan hal ini.
  7. Selanjutnya jika kabel USB masih terhubung dengan Laptop atau Dekstop, maka akan muncul peringatan bahwa ada perangkat baru telah terdeteksi, Anda bisa mengabaikannya.
  8. Jika sudah sampai pada tahap ini berarti posisi printer Canon MP287 Anda sudah dalam keadaan Save Mode.

Cara Reset Printer Canon MP287 dengan ServiceTool

Setelah membuat keadaan printer dalam posisi Save Mode, berikutnya Anda sudah bisa melakukan reset printer menggunaan software Service Tool Canon MP287 pada tahap berikut ini.
Download Software Service Tool Printer Canon MP287
Jika sudah mengunduh software reset printer tersebut, maka selanjutnya Anda bisa mengikuti langkah berikut ini untuk mengeksekusi printer.
  1. Ekstrak terlebih dahulu file arsip software yang di unduh tadi, dan jalankan file .exe yang ada didalamnya.
  2. Lalu sediakan beberapa lembar kertas untuk dicetak, dan klik tombol EEPROM (1) untuk melihat LOG atau catatan printer.
  3. Selanjutnya klik tombol SET (2) untuk melakukan Reset, Counter pada tinta.
  4. Kemudian klik SET (3) untuk mereset Absorted Ink dan ubah kondisi printer menjadi OFF.
  5. Printer Canon MP287 yang mengalami error P07 sudah siap digunakan kembali.
Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Error P07
Penting !
Dengan beberapa langkah diatas mungkin display yang muncul pada printer masih  dalam keadaan BLANK. Yang harus dilakukan adalah menekan Tombol Power agar Printer bisa OFF (mati). Kemudian hidupkan lagi dan hasilnya pada Lampu Display akan NORMAL kembali karena lampu display sudah menampilkan angka 1.
Coba lakukan Test Printing untuk membuktikan bahwa Printer telah siap digunakan kembali.

 Penutup

Dengan demikian saya rasa malasah anda berupa error P07 pada Printer Canon MP287 sudah dapat diatasi, semoga dengan artikel kali ini dapat membantu masalah yang Anda alami. Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa tinggalkan komentar untuk memberikan ulasan terhadap tutorial ini.
Nurhadi Bachtiar
Nurhadi Bachtiar Tidurlah untuk bermimpi, bangunlah untuk mewujudkannya. Make Your Dream Come True !.

Tidak ada komentar untuk "Cara Jitu Memperbaiki Printer Canon MP287 Error P07"